SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI DESA PRINGGASELA TIMUR KEC. PRINGGASELA KAB.LOMBOK TIMUR NTB

Artikel

Sosialisasi Strategi Pemasaran UMKM Kain Tenun Pringgasela Timur, KKP UIN MATARAM 2024 Berkolaborasi Dengan KKN Universitas Gunung Rinjani

14 Agustus 2024 13:26:38  HIZBUL FAJRI  187 Kali Dibaca  Berita Desa

Pemasaran merupakan salah satu aspek penting dalam keberhasilan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), terutama dalam industri kain tenun yang memiliki potensi besar namun seringkali kurang dikenal oleh pasar yang lebih luas.

Dalam pemasaran UMKM, Citra dan identitas merek sangat berpengaruh dalam menarik perhatian konsumen. UMKM kain tenun harus fokus pada pembuatan logo, slogan, dan cerita merek yang menarik. Brand harus mencerminkan kualitas dan keunikan produk kain tenun yang ditawarkan. Dan kami KKP Universitas Negeri Mataram dan KKN Universitas Gunung Rinjani membuat brand dengan nama Kain Tenun Presti (Kain Tenun Pringgasela Timur).

Media sosial juga tidak kalah penting dalam pemasaran UMKM kain tenun ini karena Media sosial adalah alat yang sangat efektif dan terjangkau untuk mempromosikan produk. Dibutuhkan platform seperti Instagram, Facebook, dan TikTok yang sangat ideal untuk menampilkan foto dan video kain tenun dengan estetika yang menarik. Interaksi aktif dengan followers, menggunakan fitur cerita (stories), siaran langsung (live), dan kolaborasi dengan influencer dapat meningkatkan visibilitas dan engagement. Dan kami KKP Universitas Islam Negeri Mataram bersama KKN Universitas Gunung Rinjani berkolaborasi dalam pembuatan logo, akun media sosial, brand dan marketplace. Lalu kami mengadakan sosialisasi strategi pemasaran UMKM kain tenun,khusunya di Pringgasela Timur. Untuk memberitahu masyarakat terutama penenun aktif bahwa kami menyedikan wadah penjualan online bagi masyarakat di peringgasela Timur, untuk memasarkan Kain Tenun yang sudah mereka buat sehingga bisa di kenal,bukan hanya di Pringgasela saja, tapi bisa terkenal sampai seluruh Indosesia hingga mencanegara.

Sosialisasi ini kami adakan Dua hari berturut-turut, yang dihadiri oleh masyarakat atau ibu-ibu penenun, hari petama kami adakan di Dusun Mujahidin dan hari kedua di Dusun Kebon Repok, Pringgasela Timur. Kami memilih Dua Dusun ini untuk menjadi lokasi sosialisasi karena dari Lima Dusun yang ada di Pringgasela Timur, Dua Dusun ini mempunyai penenun aktif paling banyak.

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 Peta Desa

 Statistik

 Arsip Artikel

27 Agustus 2021 | 1.644 Kali
Sejarah Desa
28 Juni 2021 | 1.211 Kali
Pringgasela Timur Hijaukan Lingkungan
18 Oktober 2022 | 1.429 Kali
IBU-IBU dan MEDIA TANAM
28 Juni 2021 | 1.293 Kali
Cegah Corona, Desa Pringgasela Timur Bentuk Tim Siaga Covid-19
08 September 2022 | 1.471 Kali
Pemerintah Salurkan BLT BBM
11 November 2022 | 1.665 Kali
JEMBATAN AMBRUK DITERJANG AIR BANJIR
03 Juli 2021 | 1.146 Kali
Pringgasela Timur, Vaksinasi Siapa Takut!

 Agenda

Belum ada agenda

 Sinergi Program

 Pemerintah Desa

 Komentar

 Media Sosial

 Peta Wilayah Desa

 Peta Lokasi Kantor


Kantor Desa
Alamat : Jln Pendidikan Pringgasela Timur
Desa : Pringgasela Timur
Kecamatan : Pringgasela
Kabupaten : Lombok Timur
Kodepos : 83665
Telepon :
Email : [email protected]

 Statistik Pengunjung

  • Hari ini:17
    Kemarin:239
    Total Pengunjung:145.195
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:172.70.100.149
    Browser:Mozilla 5.0