Artikel
Sosialisasi Strategi Pemasaran UMKM Kain Tenun Pringgasela Timur, KKP UIN MATARAM 2024 Berkolaborasi Dengan KKN Universitas Gunung Rinjani
Pemasaran merupakan salah satu aspek penting dalam keberhasilan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), terutama dalam industri kain tenun yang memiliki potensi besar namun seringkali kurang dikenal oleh pasar yang lebih luas.
Dalam pemasaran UMKM, Citra dan identitas merek sangat berpengaruh dalam menarik perhatian konsumen. UMKM kain tenun harus fokus pada pembuatan logo, slogan, dan cerita merek yang menarik. Brand harus mencerminkan kualitas dan keunikan produk kain tenun yang ditawarkan. Dan kami KKP Universitas Negeri Mataram dan KKN Universitas Gunung Rinjani membuat brand dengan nama Kain Tenun Presti (Kain Tenun Pringgasela Timur).
Media sosial juga tidak kalah penting dalam pemasaran UMKM kain tenun ini karena Media sosial adalah alat yang sangat efektif dan terjangkau untuk mempromosikan produk. Dibutuhkan platform seperti Instagram, Facebook, dan TikTok yang sangat ideal untuk menampilkan foto dan video kain tenun dengan estetika yang menarik. Interaksi aktif dengan followers, menggunakan fitur cerita (stories), siaran langsung (live), dan kolaborasi dengan influencer dapat meningkatkan visibilitas dan engagement. Dan kami KKP Universitas Islam Negeri Mataram bersama KKN Universitas Gunung Rinjani berkolaborasi dalam pembuatan logo, akun media sosial, brand dan marketplace. Lalu kami mengadakan sosialisasi strategi pemasaran UMKM kain tenun,khusunya di Pringgasela Timur. Untuk memberitahu masyarakat terutama penenun aktif bahwa kami menyedikan wadah penjualan online bagi masyarakat di peringgasela Timur, untuk memasarkan Kain Tenun yang sudah mereka buat sehingga bisa di kenal,bukan hanya di Pringgasela saja, tapi bisa terkenal sampai seluruh Indosesia hingga mencanegara.
Sosialisasi ini kami adakan Dua hari berturut-turut, yang dihadiri oleh masyarakat atau ibu-ibu penenun, hari petama kami adakan di Dusun Mujahidin dan hari kedua di Dusun Kebon Repok, Pringgasela Timur. Kami memilih Dua Dusun ini untuk menjadi lokasi sosialisasi karena dari Lima Dusun yang ada di Pringgasela Timur, Dua Dusun ini mempunyai penenun aktif paling banyak.